Survei: Dangdut, Jenis Musik Paling Disukai Masyarakat Indonesia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 10/03/2022 15:50 WIB
Jenis Musik Paling Disukai Masyarakat Indonesia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Skala Survei Indonesia (SSI) merilis hasil survei tentang jenis musik yang paling disukai masyarakat Indonesia pada tahun 2022. Hasil survei menunjukkan, dangdut merupakan jenis musik yang paling disukai masyarakat Indonesia dengan persentase 58,1%.

Dangdut sendiri merupakan salah satu musik populer di Tanah Air, yang telah berkembang pesat pada tahun 1960-an. Kala itu dangdut lebih dikenal dengan sebutan 'Orkes Melayu'.

Survei SSI juga menunjukkan peminat terbesar musik dangdut adalah masyarakat dengan tingkat pendidikan tertinggi sekolah dasar (SD) dengan persentase 67,3%.

Jika diurutkan, pecinta dangdut berdasarkan pendidikan, antara lain belum/tamat SD 67,3%, tamat SMP 62,8%, tamat SMA 45,8%, dan Perguruan Tinggi 28,1%. Data ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin berkurang kesukaannya terhadap dangdut.

Selain dangdut, posisi ke-2 jenis musik paling disukai masyarakat Indonesia adalah musik pop dengan persentase sebesar 31,3%. Lalu, musik daerah berada di posisi ke-3 dengan persentase sebesar 3,9%.

Berikutnya, musik keroncong menempati posisi ke-4 musik paling disukai masyarakat Indonesia dengan persentase 2,6%. Setelahnya ada musik kasidah (religi) dengan persentase 1,2%, jazz 0,4%, dan rock 0,3%.

(Baca Juga: Lagu Tulus "Hati-hati di Jalan" Tembus Rekor Harian Spotify Indonesia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua