Ini Alasan Gen Z Enggan Bekerja di Sektor Pertanian

Agroindustri
1
Cindy Mutia Annur 15/11/2022 17:30 WIB
Ragam Alasan Generasi Z Tak Berminat Geluti Pekerjaan di Bidang Pertanian (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pekerjaan di bidang pertanian kurang diminati para anak muda. Menurut hasil riset JakPat, hanya 6 dari 100 generasi Z yang berminat bekerja di sektor ini.

Survei itu mengungkapkan sejumlah ragam alasan generasi Z tak berminat menggeluti pekerjaan di bidang pertanian. Mayoritas atau 36,3% responden menilai bidang ini tak memberikan pengembangan karir.

Berikutnya, sebanyak 33,3% responden menilai bahwa bidang pertanian penuh dengan risiko. Lalu, ada pula 20% responden yang menilai bahwa bekerja di bidang pertanian memiliki pendapatan kecil.

Kemudian, ada pula responden yang menilai bahwa bekerja di bidang pertanian merasa tidak dihargai (14,8%) dan tidak menjanjikan (12,6%).

Survei ini juga menunjukkan bahwa jenis pekerjaan yang diminati generasi Z adalah di bidang pendidikan (15,8%), teknologi informasi (13%), kesehatan (11,5%), pertambangan (10%), dan seni kreatif (7,1%).

Adapun survei ini dilakukan pada 14 Oktober 2022 melalui aplikasi JakPat. Terdapat 139 responden berusia 15-26 tahun yang terlibat dalam survei ini.

(Baca: Mayoritas Anak Muda RI Ingin Bekerja di BUMN)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.