Mayoritas Anak Muda RI Ingin Bekerja di BUMN

Ketenagakerjaan
1
Cindy Mutia Annur 20/09/2022 13:40 WIB
Preferensi Anak Muda Indonesia terkait Tempat Kerja (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan survei MarkPlus, mayoritas anak muda di Indonesia memilih perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai tempat kerja mereka. Dari seluruh anak muda yang disurvei, sebanyak 58% ingin bekerja di BUMN.

"Jika dilihat berdasarkan kategori status ketenagakerjaan, mahasiswa dan fresh graduates memiliki preferensi untuk bekerja di BUMN. Sementara itu, first jobber memilih perusahaan swasta lokal/nasional," jelas laporan tersebut.

Dalam survei ini, anak muda Indonesia yang ingin bekerja di perusahaan swasta lokal/nasional ada sebanyak 49,2%, dan yang memilih lembaga pemerintah/kementerian 43,9%. Hanya ada 30% yang memilih perusahaan multinasional.

Survei juga menemukan bahwa Kementerian BUMN menjadi tempat kerja yang paling diincar oleh anak muda. Diikuti oleh Astra Honda Motor dan Astra International.

Survei MarkPlus ini dilakukan pada periode Juni-Juli 2022. Responden berjumlah 1.150 orang dengan kriteria usia berkisar 21-25 tahun. Latar belakang responden cukup beragam mulai dari mahasiswa, fresh graduate, serta pekerja dengan pengalaman kurang dari 2 tahun.

Survei dilakukan dengan kuesioner online yang disebar lewat media sosial MarkPlus, e-mail, serta pesan WhatsApp ke nomor kontak yang terdapat dalam basis data MarkPlus.

(Baca: Survei: Pekerja Anggap Bekerja di Kantor Lebih Efektif)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.