Ini Volume Penjualan Mobil Listrik di RI sampai Kuartal III 2022

Transportasi & Logistik
1
Adi Ahdiat 07/11/2022 15:40 WIB
Volume Penjualan Wholesale Mobil Listrik BEV di Indonesia (Januari-September 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-September 2022 volume penjualan wholesale mobil listrik jenis battery electric vehicle (BEV) di pasar domestik sudah mencapai 3.801 unit.

Dalam periode tersebut mobil listrik BEV paling laris adalah Wuling Air EV Long Range, yang penjualan wholesale-nya mencapai 1.973 unit.

Kemudian Wuling Air EV Standard Range mencetak penjualan wholesale 735 unit, Hyundai Ioniq5 Signature Extended 692 unit, dan Hyundai Ioniq5 Signature Reguler 174 unit.

Sementara itu Hyundai Ioniq5 Prime, Ioniq EV Signature, Ioniq5 Prime Reguler, dan mobil listrik BEV merek lainnya hanya terjual di kisaran 2-50 unit dalam periode sama.

Keberhasilan Wuling Air EV mencetak penjualan wholesale tahun ini tidak terlepas dari keikutsertaannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Bali pada November 2022.

"Partisipasi Wuling dalam mendukung KTT G20 di Bali ditandai dengan penggunaan 300 unit Air EV sebagai official car partner yang akan mendukung mobilitas delegasi G20 dan organisasi internasional yang berpartisipasi," kata manajemen Wuling dalam siaran persnya, Rabu (2/11/2022).

Wuling telah mengirim 300 unit Air EV ke Bali melalui jalur laut pada 25 Oktober 2022, rinciannya 216 unit tipe Long Range dan 84 unit tipe Standard Range. Ratusan mobil listrik ini dilaporkan sudah tiba di tujuan dan siap digunakan sejak 1 November 2022.

"Seluruh unit Wuling Air EV telah dipasang stiker khusus guna memperkuat peruntukkannya di KTT G20. Penggunaan stiker G20 tersebut juga merupakan identitas partisipasi Wuling dalam mendukung percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia dan ikut serta dalam tren global menuju masa depan yang lebih hijau," kata manajemen Wuling.

(Baca: Ungguli Hyundai Ioniq 5, Wuling Air EV Cetak Rekor Jadi Mobil Listrik Terlaris di Indonesia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.