DANA Jadi Unicorn Baru Indonesia, Ini Valuasinya menurut CB Insights

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 20/09/2022 18:20 WIB
Perusahaan Privat Berstatus Unicorn di Indonesia (13 September 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan The Complete List of Unicorn Companies yang dirilis CB Insightsperusahaan teknologi finansial (fintech) DANA masuk ke dalam daftar unicorn Indonesia.

CB Insights mencatat DANA menjadi unicorn per tanggal 8 September 2022, dengan valuasi sebesar US$1,13 miliar atau sekitar Rp16,9 triliun.

Meski demikian, pihak DANA belum mengonfirmasi besaran valuasi tersebut. "Kami percaya, posisi DANA dapat memastikan kami memberikan solusi terbaik bagi masyarakat," ujar VP of Corporate Communications DANA Putri Dianita kepada Katadata.co.id, Senin (19/9/2022).

Sebelumnya, Sinar Mas dan Lazada menyuntik modal ke DANA. Lazada juga masuk ke ekosistem DANA dengan membeli saham dari Elang Mahkota Teknologi (Emtek).

Adapun berdasarkan laporan CB Insights, valuasi J&T Express kini sudah mencapai US$20 miliar atau sudah berstatus decacorn. Dengan begitu, Indonesia memiliki dua decacorn yakni J&T Express dan GoTo.

GoTo, yang merupakan hasil merger dari Gojek dan Tokopedia, diperkirakan memiliki valuasi mencapai US$40 miliar. GoTo juga telah menjadi perusahaan publik dan melantai di bursa saham sejak April 2022, sementara J&T Express masih tercatat sebagai perusahaan privat menurut CB Insights.

(Baca: Kelahiran Unicorn Baru Terus Berkurang pada Dua Kuartal Awal 2022)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.