Nilai pendanaan startup di skala global pada kuartal II 2022 mencapai US$108,5 miliar. Angka ini turun 23% dibanding kuartal sebelumnya (quarter-on-quater/qoq).
Seretnya pendanaan ini pun membuat kelahiran perusahaan kategori unicorn berkurang. CB Insights mencatat hanya ada 85 startup unicorn baru pada kuartal II 2022, turun dari 125 unicorn baru pada kuartal sebelumnya.
Angka kelahiran unicorn tersebut juga turun 43% secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan dengan kemunculan 148 unicorn baru pada kuartal II 2021.
Pada periode kuartal kedua tahun ini kemunculan unicorn baru paling banyak berasal dari Amerika Serikat, yakni 49 unicorn.
Selanjutnya Eropa memiliki 16 perusahaan unicorn baru, Asia 15 unicorn, Amerika Latin & Karibia 4 unicorn, dan Afrika hanya memiliki 1 unicorn baru pada periode tersebut.
(Baca: Bukalapak dan GoTo Sudah IPO, Ini Daftar Unicorn di Indonesia Saat Ini)