Banyak Warga RI Belum Pernah Gunakan Google Drive

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 14/09/2022 09:40 WIB
Intensitas Penggunaan Internet untuk Mengakses Platform Kerja Tim Online* (Oktober 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Saat ini ada banyak platform yang bisa digunakan untuk mendukung kerja tim lewat koneksi internet, seperti Google Drive, Slack, Microsoft Teams, dan sebagainya.

Berbagai platform tersebut dapat memudahkan penggunanya untuk berbagi data dan berkoordinasi tanpa harus bertatap muka. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia tampaknya belum akrab dengan teknologi ini.

Menurut laporan Survei Indeks Literasi Digital Indonesia yang dirilis Kementerian Kominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), responden yang sangat sering menggunakan aplikasi seperti Google Drive, Slack, dan Microsoft Teams hanya 1,6% dan yang sering 11,1%.

Kemudian sebanyak 21,3% responden jarang menggunakan aplikasi jenis tersebut, 11,8% sangat jarang, dan 54,3% bahkan tidak pernah menggunakannya sama sekali.

Kendati demikian, masyarakat Indonesia tampaknya sudah cukup terbiasa melakukan komunikasi online melalui aplikasi media sosial.

Proporsi responden yang biasa menggunakan internet untuk komunikasi lewat aplikasi pesan singkat ada sebanyak 91,2%. Dan pengguna media sosial proporsinya mencapai 67,6%.

Responden yang terlibat dalam survei ini berjumlah 10.000 orang yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Kriteria responden merupakan anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun serta pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

(Baca: Banyak Warga RI Belum Pernah Gunakan E-Mail)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua