Harga Beras Naik, Kalimantan Tengah Catatkan Harga Beras Tertinggi Nasional (7 September 2022)

Agroindustri
1
Cindy Mutia Annur 07/09/2022 15:30 WIB
10 Provinsi dengan Harga Beras Tertinggi Nasional (Rabu, 7 September 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga beras nasional mulai merangkak naik sejak Agustus lalu. Berdasarkan laporan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, harga beras nasional di pasar tradisional mencapai angka Rp11.950 per kilogram dalam sepekan terakhir.

Kalimantan Tengah terpantau memiliki harga beras termahal nasional per 7 September 2022. Harganya mencapai Rp14.900 per kilogram. Diikuti Sumatera Barat dengan harga beras Rp13.850 per kilogram. Kemudian, DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan memiliki harga beras masing-masing sebesar Rp13.650 per kilogram.

Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat memiliki harga beras termahal selanjutnya masing-masing Rp13.400 per kilogram dan Rp13.250 per kilogram. Sementara, harga beras termurah nasional per 7 September 2022 berada di Sulawesi Barat. Harganya hanya Rp9.850 per kilogram.

Perum Bulog mengatakan akan menggelontorkan pasokan cadangan beras merespons harga beras yang mulai merangkak naik sejak bulan lalu.

"Kita akan keluarkan pasokan besar-besaran," kata Sekretaris Perusahaan Bulog, Awaluddin Iqbal, dikutip dari Republika.co.id, Rabu (7/9/2022).

Awaluddin mengatakan, saat ini volume cadangan beras pemerintah (CBP) yang berada di gudang hampir 1 juta ton. Pasokan itu sangat mencukupi untuk kebutuhan stabilisasi harga beras di pasar.

Berdasarkan data Bulog, realisasi operasi pasar beras sejak 1 Januari  hingga 6 September 2022 telah mencapai sekitar 500 ribu ton. "Target kita tahun ini lebih dari 1 juta ton, jadi masih sangat besar beras yang harus kita salurkan," ujar Awaluddin.

Selain menggelontorkan pasokan cadangan beras, operasi pasar beras saat ini juga telah dilakukan oleh Perum Bulog untuk mengantisipasi potensi kenaikan harga beras yang dapat terjadi. Langkah itu dinilai efektif untuk mengamankan harga beras sepanjang tahun.  

(Baca: Lumbung Padi Terbesar Indonesia Ada di Pulau Jawa)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.