Apa Merchandise Idol Korea yang Paling Laku di Indonesia?

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 07/09/2022 16:00 WIB
Merchandise Artis Korea Selatan yang Dimiliki Responden (Juni 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Produk industri hiburan Korea Selatan banyak digemari di Indonesia. Bukan sekadar film atau lagu, ada cukup banyak juga penggemar yang mengonsumsi merchandise atau barang dagangan dan pernak-pernik lain dari artis K-Pop maupun K-Drama.

Menurut survei Katadata Insight Center (KIC) terhadap 1.609 penggemar hiburan Korea Selatan, sekitar 30% memiliki merchandise berupa kumpulan foto idolanya.

"Photocard atau photobook, poster, serta stiker merupakan tiga merchandise yang paling banyak dimiliki oleh penyuka industri hiburan Korea Selatan di Indonesia. Sementara sepertiga dari penikmat hiburan Korea Selatan ini mengaku tidak memiliki merchandise dari idolanya," jelas KIC dalam laporannya.

Ada juga responden yang memiliki album, kaus, DVD, lightstick, dan berbagai dagangan lain dari idolanya, namun porsinya lebih kecil seperti terlihat pada grafik.

Survei KIC juga menemukan bahwa mayoritas penggemar hiburan Korea Selatan di Indonesia lebih suka menikmati konten idolanya secara gratis. Sementara itu, penggemar yang mau membayar umumnya hanya mengeluarkan uang kurang dari Rp2 juta dalam setahun.

Survei ini dilakukan KIC terhadap 1.609 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Responden didominasi oleh Generasi Z (usia 17-25 tahun) serta Milenial (usia 26-41 tahun), dan mayoritasnya berasal dari kelas ekonomi-sosial menengah ke bawah. Laporan survei lengkapnya bisa diunduh di tautan ini.

(Baca: Mayoritas Penggemar K-Pop dan K-Drama Hanya Nikmati Konten Gratisan)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.