10 Negara dengan Prevalensi Kurang Gizi Terbesar pada 2020

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 08/08/2022 13:40 WIB
10 Negara dengan Proporsi Penduduk Kurang Gizi Terbesar (2020)*
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Food and Agriculture Organization (FAO) memperkirakan sekitar 53,1% penduduk Somalia menderita kurang gizi. Ini membuat Somalia menjadi negara dengan prevalensi kurang gizi terbesar di skala global.

Ada juga sejumlah negara lain yang diperkirakan memiliki prevalensi kurang gizi terparah di dunia, dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

Kurang gizi adalah kondisi di mana konsumsi makanan harian seseorang tidak mencukupi standar kebutuhan energi untuk hidup sehat. Ini juga menjadi indikator utama yang digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengukur kelaparan.

Menurut Our World in Data (OWID), sebuah organisasi nirlaba, kekurangan gizi merupakan faktor risiko utama yang menyebabkan kematian atau konsekuensi kesehatan lainnya, terutama di kelompok ibu dan anak-anak.

Indonesia sendiri tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk kurang gizi tertinggi di kawasan Asia Tenggara. FAO mengestimasikan, selama periode 2019-2021 jumlah penduduk kurang gizi di Indonesia rata-rata mencapai 17,7 juta orang.

(Baca: Kerawanan Pangan Global Kian Memburuk, Apa Penyebabnya?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.