Survei: Ini Daftar E-Commerce Paling Dipercaya UMKM

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 05/08/2022 10:30 WIB
Platform E-Commerce Paling Dipercaya dan Diandalkan UMKM (Juni 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Telkomsel merilis laporan riset bertajuk Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (e-Commerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya Tsurvey.id pada Rabu (3/8/2022).

Menurut hasil survei tersebut, Tokopedia menduduki posisi puncak sebagai platform perdagangan daring atau e-commerce yang paling dipercaya dan diandalkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini tecermin dari pilihan 76% responden.

Persentase responden yang memilih Tokopedia berbeda tipis dengan yang memilih Shopee, yakni 75% responden. Sementara Lazada dipilih oleh 19% responden, Bukalapak 18%, dan Blibli 14%.

Survei ini juga menemukan bahwa e-commerce yang dianggap memberi pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM adalah Tokopedia dengan persentase 69%, diikuti Shopee 62%, Lazada 11%, Bukalapak 9%, dan Blibli 4%.

Penilaian yang sama juga terlihat pada kriteria e-commerce dengan pelayanan paling memuaskan bagi pengusaha UMKM, yakni Tokopedia 68%, Shopee 61%, Lazada 11%, Bukalapak 11%, dan Blibli 6%. 

Kemudian platform yang paling sering digunakan UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia 47%, Shopee 45%, Lazada 5%, Bukalapak 2%, dan Blibli 0%.

Survei ini dilakukan pada tanggal 10-24 Juni 2022. Survei melibatkan 1.000 responden dari kalangan pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor Telkomsel.

Proporsi responden berasal dari Jabodetabek sebanyak 60%, dari pulau Jawa non-Jabodetabek 30%, dan dari luar pulau Jawa 10%. Sedangkan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60% responden merupakan laki-laki dan 40% adalah perempuan.

"Melalui survei digital tersebut, Telkomsel berupaya mewujudkan komitmennya sebagai digital ecosystem enabler yang membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi pelaku industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data," tulis Telkomsel dalam siaran persnya, Rabu (3/8/2022).

(Baca Juga: Penyaluran Kredit UMKM dari Bank Umum Naik 12,19% pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.