Medium Informasi Paling Dipercaya Masyarakat

Telecommunications
1
Risanti Delphia 08/07/2022 16:06 WIB
47 Persen Masyarakat Memilih Televisi Sebagai Media Terpercaya
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Di antara media yang biasanya diakses masyarakat, televisi menjadi sumber yang paling dipercaya untuk mendapatkan informasi. Survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berjudul “Status Literasi Digital di Indonesia 2021”, menunjukkan pada 2021 sebesar 47 persen responden memilih televisi sebagai media terpercaya.

Meski terjadi sedikit penurunan, pilihan media tersebut tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Di urutan kedua, masyarakat menjawab media sosial, naik dari 20 persen pada 2020 menjadi 22 persen pada 2021.

Dari hasil survei terlihat pula, ada peningkatan pada media yang dinilai berisi informasi benar, yakni 18 persen masyarakat memilih situs web pemerintah atau naik dari 15 persen pada tahun sebelumnya. Demikian juga untuk berita online, yang sedikit meningkat menjadi 8 persen pada 2021.

Sementara itu, hanya sedikit responden yang memilih kedua media lainnya, yakni media cetak dan radio. Untuk media cetak yang secara proporsi akses terhadap sumber tersebut juga menurun, hanya 2 persen masyarakat yang menyatakan sebagai media yang dipercaya.

Survei ini menggambarkan penggunaan media secara umum dan memberikan pemahaman terhadap kondisi literasi digital masyarakat Indonesia. Total responden survei ini berjumlah 10 ribu orang dengan penentuan sampel adalah anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun, serta mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

Editor : Dini Hariyanti
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.