Lebih dari 11% Pendapatan Kelas Menengah ke Atas Dipakai untuk Bayar Utang

Ekonomi & Makro
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 15/06/2022 10:20 WIB
Proporsi Pendapatan yang Dipakai untuk Bayar Utang/Cicilan menurut Kelompok Pengeluaran* (Mei 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Konsumen kelas menengah ke atas dengan pengeluaran lebih dari Rp3,1 juta per bulan, rata-rata menghabiskan lebih dari 11% pendapatannya untuk membayar utang atau cicilan pada Mei 2022.

Menurut laporan survei Bank Indonesia (BI), konsumen dengan pengeluaran lebih dari Rp5 juta diperkirakan menggunakan 13,14% pendapatannya untuk bayar utang atau cicilan pada Mei 2022. Proporsi ini naik dari 12,61% pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, konsumen dengan pengeluaran antara Rp2,1 juta sampai Rp3 juta hanya menghabiskan 9% pendapatannya untuk membayar utang atau cicilan.

Proporsi pembayaran utang atau cicilan ini juga semakin rendah seiring dengan mengecilnya kelompok pengeluaran, seperti terlihat pada grafik.

Jika dihitung rata-rata keseluruhannya, rasio utang terhadap pendapatan konsumen diperkirakan menetap di level 9,7% pada bulan April dan Mei 2022.

"Sejalan dengan menguatnya optimisme konsumen terhadap penghasilan pada Mei 2022, rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi mengalami peningkatan, sementara rata-rata proporsi pembayaran cicilan/utang cenderung stabil," tulis BI dalam laporannya yang dirilis Kamis (9/6/2022).

(Baca: Porsi Tabungan Turun, Pendapatan Konsumen untuk Konsumsi Naik pada Mei 2022)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.