Survei Poltracking: Elektabilitas Ganjar Pranowo Kalahkan Prabowo dan Anies Baswedan

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 10/06/2022 13:40 WIB
Elektabilitas Calon Presiden 2024 Menurut Survei Poltracking Indonesia (Mei 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Elektabilitas Ganjar Pranowo kalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan berdasarkan survei Poltrackin Indonesia “Proyeksi Kandidat Kuat Kandidasi Pilpres 2024”.

Dari hasil simulasi 3 nama terkuat, nama Gubernur Jawa Tengah tersebut meraih suara responden terbesar jika pilpres dilakukan pada saat survei dilakukan. Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai kandidat presiden meraih 30,6% suara responden.

Sementara Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto meraih elektabilitas sebesar 26,8% suara responden. Adapun Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meraih elektabilitas 19,8% suara responden.

Ketiga kandidat tersebut meraih suara terbanyak dalam simulasi pilpres dengan 18 nama, 15 nama, maupun simulasi 10 nama.

Sedangkan, responden yang tidak menjawab (TJ) dan tidak tahu (TT) sebesar 14,3% dan responden yang tidak mau menjawab/rahasia sebanyak 8,5%.

Survei Poltracking ini dilakukan pada 16-22 Mei 2022 dengan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi. Pengumpulan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS) dengan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar 2,9% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

(Baca: Salip Prabowo, Ganjar Pranowo Unggul di Survei Pilpres 2024)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.