Mayoritas Warga Dunia Punya Persepsi Negatif terhadap Rusia

Politik
1
Cindy Mutia Annur 03/06/2022 10:20 WIB
Persepsi Warga Dunia terhadap Rusia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan survei Democracy Perception Index 2022 yang dirilis Latana dan Yayasan Aliansi Demokrasi, mayoritas warga dunia memiliki persepsi negatif terhadap Rusia setelah invasinya ke Ukraina.

Persepsi negatif ini terutama berasal dari warga Amerika Serikat (AS) dengan persentase -62%. Angka minus ini menunjukkan bahwa proporsi warga dengan persepsi negatif lebih banyak 62% ketimbang persepsi positif.

Kemudian persepsi negatif warga Eropa terhadap Rusia mencapai -60%. Sementara warga di negara-negara kawasan Amerika Latin memiliki persepsi negatif -39%, dan warga di negara-negara kawasan Asia tanpa Tiongkok -4%.

Namun, ada juga negara yang memiliki pandangan positif dominan terhadap Rusia. Persepsi positif paling banyak berasal dari warga Rusia sendiri, yakni 76%, diikuti warga Tiongkok sebesar 49%.

Survei ini dilakukan selama periode 30 Maret-10 Mei 2022. Survei dilakukan secara daring dengan melibatkan 52.785 responden dari 53 negara, dengan ukuran sampel rata-rata sekitar 1.000 responden per negara. Rata-rata margin kesalahan di semua negara sampel adalah ±3,2%.

(Baca: Survei: Banyak Warga RI Salahkan NATO atas Perang Rusia-Ukraina)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua