IKLAN

Mobilitas Warga Meningkat, Terutama ke Tempat Wisata Ruang Terbuka

Peningkatan Mobilitas Warga Mei 2022 Dibanding Sebelum Pandemi

Sumber : Google, 14 Mei 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Adi Ahdiat

19/5/2022, 15.40 WIB

Pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Namun, mobilitas warga Indonesia sudah meningkat seiring dengan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menurut Laporan Mobilitas Masyarakat selama Pandemi Covid-19 yang dirilis Google, peningkatan tren mobilitas paling banyak terlihat di tempat wisata ruang terbuka, seperti taman nasional, pantai, dermaga, taman hewan peliharaan, lapangan terbuka, dan taman umum.

Mobilitas ke tempat-tempat tersebut meningkat 46% pada beberapa pekan awal Mei 2022 dibandingkan dengan sebelum pandemi (3 Januari-6 Februari 2020).

Kemudian mobilitas warga ke toko bahan makanan, seperti supermarket, toko grosir makanan, pasar tradisional, toko obat, dan apotek naik 36% pada periode waktu yang sama.

Sementara mobilitas ke toko retail dan tempat rekreasi seperti restoran, kafe, pusat perbelanjaan, taman hiburan, museum, perpustakaan, dan bioskop meningkat 13%.

Adapun mobilitas masyarakat ke tempat kerja naik 14%, area permukiman naik 12%, dan mobilitas di pusat transportasi umum naik 6%.

"Kami menghitung analisis ini berdasarkan data dari pengguna yang memilih untuk mengaktifkan Histori Lokasi untuk Akun Google mereka, sehingga data mewakili sampel pengguna kami," tulis Google dalam laporannya yang dirilis Sabtu (14/5/2022).

"Sama halnya dengan semua sampel, ini mungkin mewakili atau tidak mewakili perilaku yang sebenarnya dari populasi yang lebih luas," lanjutnya.

(Baca Juga: Penumpang Boleh 100%, Ini Jumlah Angkutan Umum di Jakarta)

IKLAN