Pengeluaran Konsumsi Masyarakat Naik 4,34% pada Kuartal I 2022

PDB
1
Viva Budy Kusnandar 10/05/2022 16:40 WIB
Pertumbuhan Tahunan Konsumsi Rumah Tangga menurut Sub-Komponen (Kuartal I 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Konsumsi rumah tangga masih menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produk domestik bruto (PDB) pengeluaran konsumsi rumah tangga mencapai Rp2,42 kuadriliun pada kuartal I 2022.

Nilai tersebut porsinya mencapai 53,65% dari produk domestik bruto (PDB) nasional kuartal I 2022 yang berjumlah Rp4,51 kuadriliun.

Konsumsi masyarakat tercatat tumbuh 4,34% pada kuartal I 2022 dibandingkan kuartal pertama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Capaian tersebut lebih baik dibanding kuartal I 2021 yang masih mengalami kontraksi sebesar 2,21% (yoy), sekaligus lebih tinggi dibanding kuartal I 2020 yang hanya tumbuh 2,83% (yoy).

Adapun sub-komponen transportasi dan komunikasi mencatat pertumbuhan tertinggi, yakni sebesar 7,04% (yoy).

Diikuti sub-komponen pakaian, alas kaki, dan jasa perawatannya yang tumbuh 6,46% (yoy), serta sub-komponen restoran dan hotel tumbuh 4,2% (yoy).

Kemudian sub-komponen makanan dan minuman selain restoran tumbuh 3,58% (yoy), sub-komponen perumahan dan perlengkapan rumah tangga tumbuh 3,21% (yoy), sub-komponen lainnya tumbuh 2,64% (yoy), serta sub-komponen kesehatan dan pendidikan tumbuh 2,15% (yoy).

Berikut rincian nilai PDB konsumsi rumah tangga pada kuartal I 2022:

  • Konsumsi Rumah Tangga (RT) Keseluruhan: Rp2.421,40 triliun
  • Makanan & Minuman: Rp995,39 triliun
  • Transportasi & Komunikasi: Rp498,20 triliun
  • Perumahan & Perlengkapan RT: Rp316,46 triliun
  • Restoran & Hotel: Rp239,16 triliun
  • Kesehatan & Pendidikan: Rp174,63 triliun
  • Lainnya: Rp114,47 triliun
  • Pakaian, Alas Kaki & Perawatannya: Rp83,10 triliun

(Baca: Konsumsi Rumah Tangga Tumbuh 0,19% (Q-to-Q) pada Kuartal I-2022)

 

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua