Survei Charta Politika: Elektabilitas Gibran Teratas di Pilkada Jawa Tengah

Politik
1
Cindy Mutia Annur 14/04/2022 15:40 WIB
Elektabilitas Calon Gubernur pada Pilkada Jawa Tengah (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Tengah menjadi salah satu sorotan publik. Terlebih, salah satu tokoh yang disebut menjadi kandidat kuat sebagai calon gubernur di provinsi ini adalah Gibran Rakabuming Raka.

Pasalnya, anak pertama dari Presiden Joko Widodo ini baru saja menjabat sebagai Wali Kota Surakarta pada awal 2021 lalu. Namun, Gibran dinilai memiliki kesempatan yang cukup kuat untuk maju dalam Pilkada Jawa Tengah.

Hal ini sesuai dengan hasil survei Charta Politika yang meyebut bahwa Gibran memiliki elektabilitas teratas dalam Pilkada Jawa Tengah 2024 mendatang. Tercatat, kader PDIP ini memperoleh suara sebanyak 28,5% dalam survei tersebut.

Di posisi kedua ditempati Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Elektabilitas pria yang dikenal dengan Gus Yasin ini sebesar 11,3%.

Berikutnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi alias Hendi memiliki perolehan suara sebesar 6%. Kemudian, mantan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo memiliki suara sebesar 3,7%.

Ada pula Sudirman Said dengan perolehan suara sebesar 3,6%, yang diikuti oleh Achmad Husein (3,4%), Rustriningsih (2,2%), dan Komjen Condro Kirono (1,7%). Sementara itu, ada sebanyak 2,7% responden yang menyebutkan nama lainnya dan sebanyak 37% responden tidak menjawab/tidak tahu.

Survei ini dilakukan terhadap 1.090 responden di Jawa Tengah pada 14-19 Februari 2022. Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan multistage random sampling dan margin of error 2,97%

(Baca: Populi Center: Elektabilitas Anies Baswedan Tertinggi di Bursa Cagub DKI Pilkada 2024)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua