Populi Center: Elektabilitas Anies Baswedan Tertinggi di Bursa Cagub DKI Pilkada 2024

Politik
1
Cindy Mutia Annur 10/02/2022 16:10 WIB
Elektabilitas Calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki elektabilitas tertinggi terkait calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Hal itu berdasarkan hasil survei Populi Center yang menunjukkan elektabilitas Anies sebesar 47,5%.

Di posisi kedua survei ini diduduki oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Komisaris Utama PT Pertamina ini tercatat memiliki elektabilitas sebesar 8,5%.

Kemudian, Sandiaga Salahuddin Uno alias Sandiaga Uno menempati peringkat ketiga di survei ini. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini memiliki elektabilitas sebesar 5,3%.

Berikutnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini memiliki elektabilitas sebesar 3,5%. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyusul di peringkat kelima dengan elektabilitas sebesar 3%.

Ada pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas sebesar 2,3%. Lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang masing-masing memiliki elektabilitas sebesar 1,7%.

Menteri BUMN Erick Tohir berada di posisi berikutnya dengan elektabilitas 0,8%. Sementara itu, Wali  Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menduduki peringkat ke-10 dengan elektabilitas sebesar 0,7%.

Survei Populi Center ini dilakukan terhadap 600 responden di 60 kelurahan di DKI Jakarta. Survei ini dilakukan pada 26 Januari hingga 1 Februari 2022 dengan menggunakan metode survei multistage random sampling. Tercatat, margin of error survei ini adalah sebesar ± 4% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Anies Baswedan Gubernur dengan Pemberitaan dan Ulasan Terbanyak)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua