IKLAN

Tokopedia, E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak pada 2021

Situs E-Commerce dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak di Indonesia (2021*)

Sumber : iPrice, 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Adi Ahdiat

12/4/2022, 10.50 WIB

Menurut laporan iPrice Group, Tokopedia menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia pada tahun 2021.

Rata-rata pengunjung laman Tokopedia secara bulanan pada periode kuartal I-IV tahun 2021 tercatat mencapai 149,6 juta.

Merger yang dilakukan Tokopedia dengan perusahaan transportasi online Gojek pada awal 2021 dinilai menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan traffic situsnya.

Sementara Shopee berada di urutan kedua, dengan rata-rata pengunjung bulanan mencapai 131,89 juta. Lalu Bukalapak di urutan ketiga dengan rata-rata pengunjung bulanan 29,88 juta.

Selanjutnya, Lazada di posisi keempat dengan rata-rata pengunjung bulanan sebanyak 28,58 juta, diikuti Blibli 17,51 juta, Orami 10,28 juta, dan Bhinneka 6,08 juta.

Dari daftar ini terlihat bahwa ada lima e-commerce lokal yang berhasil masuk ke daftar 10 peringkat teratas, yaitu Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Ralali, dan Bhinneka.

Daftar peringkat teratas ini juga didominasi oleh horizontal e-commerce. Hanya terdapat 3 vertikal e-commerce yang memiliki kunjungan situs tertinggi di tahun 2021, yaitu Orami, Zalora, dan Sociolla.

Horizontal e-commerce merupakan jenis marketplace yang menjual berbagai barang dari beragam kategori, seperti "toko serba ada". Sedangkan vertikal e-commerce adalah marketplace terspesialisasi yang hanya menjual satu kategori barang.

(Baca Juga: Perdana Listing Hari Ini, Nilai Kapitalisasi Pasar GoTo Jadi yang Terbesar Ketiga di BEI)

IKLAN

data terkait