Banyak Orang Ingin Beli Kendaraan Listrik karena Isu Lingkungan

Transportasi & Logistik
1
Vika Azkiya Dihni 22/03/2022 18:30 WIB
Ragam Alasan Responden dalam Membeli Kendaraan Listrik (Januari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut hasil survei Populix, sampai Januari 2022 ada sekitar 29% responden yang berencana membeli motor listrik. Ada juga 31% responden yang berencana membeli mobil listrik dalam lima tahun mendatang.

Survei ini dilakukan selama periode 3-9 Januari 2022 kepada 1.002 warga Indonesia, terdiri dari 523 laki-laki dan 479 perempuan, dengan rentang usia 18 hingga 55 tahun.

Adapun alasan utama yang mendorong para responden untuk membeli dan menggunakan kendaraan listrik adalah isu lingkungan.

Sebanyak 77% responden berminat menggunakan kendaraan listrik karena ramah lingkungan, dan 40% responden demi mewujudkan nol emisi karbon atau zero emission.

Sebanyak 36% responden memilih kendaraan listrik karena kenaikan harga BBM, dan 31% karena hemat biaya perawatan.

Ada juga 29% responden yang ingin memakai kendaraan listrik karena baterainya dinilai awet dan tahan lama, 22% karena biaya perjalanan lebih hemat, 17% responden karena ingin memanfaatkan stasiun pengisian kendaraan listrik, dan 13% responden lainnya karena ingin mengikuti tren.

Mayoritas responden juga meyakini bahwa kendaraan listrik akan semakin ramah lingkungan, menjadi kendaraan masa depan, dan dapat mengurangi permintaan terhadap bahan bakar minyak.

(Baca Juga: Gojek Mau Tinggalkan Kendaraan BBM, Ini Proyeksi Motor Listrik RI 2030)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua