Ini 10 Negara Terbesar di Dunia, Rusia Nomor 1

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 14/03/2022 16:20 WIB
10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Total Luas Wilayah
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Negara-negara di dunia sangat beragam, tak hanya berbeda dalam hal bahasa, budaya, dan kekayaan. Setiap negara juga memiliki luas wilayah yang berbeda-beda.

Adanya perbedaan tersebut membuat negara terbagi menjadi kelompok negara terbesar dan terkecil di dunia. Mengutip worldometers, berikut 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah:

1. Rusia

Rusia adalah negara terbesar di dunia dengan luas wilayah mencapai 17,09 kilometer (km) persegi. Dari total luas wilayah tersebut, luas daratan Rusia sebesar 16,37 juta km persegi.

Total wilayah daratan Rusia bahkan mencapai 11% dari total luas daratan dunia. Sehingga, Rusia menjadi negara terbesar di dunia baik berdasarkan luas daratan maupun luas total wilayah.

Rusia terletak di atas 2 benua, yakni Eropa dan Asia. Hampir semua wilayah Rusia berada di benua Asia, tetapi dari sekitar 147 juta jiwa penduduknyya, 77% tinggal di benua Eropa.

2. Kanada

Negara terbesar di posisi kedua adalah Kanada. Negara yang terletak di Amerika Utara ini memiliki total luas wilayah mencapai 9,98 juta km persegi.

Kanada termasuk salah satu negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, yakni 52.455 pulau. Adapun Luas daratan Kanada sendiri sebesar 9,09 juta km persegi atau 6,1% dari total daratan dunia. 

3. China

China bukan hanya negara terpadat di dunia, tetapi juga negara terbesar ketiga di dunia berdasarkan luas wilayah. 

China membentang di atas wilayah 9,7 juta km persegi. Sementara Luas daratan negara yang beribukota di Beijing ini mencapai 9,38 juta km persegi.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara terbesar keempat di dunia berdasarkan luas wilayah. Luas total wilayah negara Paman Sam itu mencapai 9,37 juta km persegi.

Sementara sebesar 9,14 juta km persegi di antaranya merupakan luas wilayah daratan serta sisanya merupakan perairan.

5. Brasil

Sebagai negara terbesar di Amerika Selatan, Brasil juga merupakan negara terbesar kelima di dunia. Brazil memiliki total luas wilayah 8,51 juta km persegi dengan luas daratan 8,35 juta km persegi. 

Negara yang termasuk bagian terbesar dari hutan hujan Amazon ini berbatasan dengan 10 negara lainnya. Sebagian besar penduduk Brasil tinggal di dekat garis pantai.

6. Australia

Selanjutnya Australia memiliki total luas wilayah mencapai 7,6 juta km persegi. Luas daratan Australia mencapai 7,6 juta km persegi.

Negara ini terkenal sebagai negara yang memiliki banyak satwa liar. Kanguru menjadi ciri khas negara ini karena itu Australias memiliki julukan sebagai "Negeri Kanguru"

7. India

Negara yang berada di wilayah Asia Selatan ini memiliki luas total 3,28 juta km persegi dengan 2,97 juta kmdi antaranya merupakan luas daratan.

Adapun India merupakan negara yang memiiki jumlah penduduk terbesar kedua setelah China, yaitu sekitar 1,38 miliar jiwa.

8. Argentina

Negara di wilayah Amerika Selatan ini memiliki total luas 2,78 juta km persegi. Sementara luas daratannya mencapai 2,73 km persegi.

Tak hanya termasuk salah satu negara terbesar di dunia, Argentina merupakan negara terbesar kedua di Amerika Selatan.

9. Kazakhstan

Luas negara Kazakhstan adalah 2,74 juta km persegi dengan luas daratan 2,69 juta km persegi.

Kazakhstan adalah sebuah negara antarbenua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur.

10. Aljazair

Aljazair merupakan negara yang berada di wilayah Afrika. Luas totalnya mencapai 2,38 juta km persegi, dan hampir 100 persen wilayahnya merupakan daratan.

Dengan jumlah penduduk lebih dari 37 juta jiwa, Aljazair merupakan negara berpenduduk terbanyak ke-34 di dunia.

(Baca Juga: Papua Barat, Provinsi dengan Pulau Terbanyak di Indonesia)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua