8% Impor Minyak AS Didapat dari Rusia

Perdagangan
1
Reza Pahlevi 09/03/2022 10:20 WIB
Negara Asal Impor Minyak Bumi Terbesar Amerika Serikat (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengumumkan negaranya telah melarang impor minyak dari Rusia pada Rabu (9/3/2022). Berdasarkan data Administrasi Informasi Energi AS (EIA), AS mengimpor 245,19 miliar barel minyak dari Rusia atau 8% dari total impor minyak pada 2021.

Ini membuat Rusia berada di posisi ketiga terbesar sebagai importir minyak ke AS. Negara asal impor minyak AS terbesar adalah Kanada dengan jumlah 1,58 triliun barel selama 2021. Impor ini mencakup 51% dari total impor minyak AS.

Meksiko berada di peringkat kedua dengan impor sebesar 259,5 miliar barel minyak atau 8,4% dari total impor minyak AS. Arab Saudi berada di bawah Rusia dengan impor sebesar 156,88 miliar barel minyak (5%).

Setelah menghentikan impor minyak dari Rusia, AS berencana melakukan kesepakatan impor baru dengan tiga negara, yaitu Arab Saudi, Venezuela, dan Iran. Sebelumnya, Venezuela juga sempat diberikan sanksi impor minyak AS.

Biden mengatakan minyak Rusia tidak lagi diterima di pelabuhan AS. Larangan ini menurutnya akan memberikan pukulan kuat kepada Rusia yang selama ini diuntungkan dari ekspor minyak.

(Baca: Meski Diancam Sanksi, Rusia Pemasok Terbesar Minyak Bumi Uni Eropa)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua