Teknologi e-commerce sangat memudahkan proses transaksi jual-beli untuk berbagai kebutuhan barang dan jasa.
Melalui e-commerce, masyarakat bisa belanja barang kebutuhan sehari-hari secara online tanpa harus bepergian ataupun melakukan kontak fisik. Transaksinya juga bisa dilakukan secara praktis dengan sistem nontunai, dan pembeli dapat memperoleh aneka promosi seperti gratis ongkos kirim, potongan harga, dan lain-lain.
Adapun menurut Digital 2022 Global Overview Report, negara yang warganya paling sering belanja online adalah:
1. Thailand
Menurut hasil survei, proporsi pengguna internet di Thailand yang rutin melakukan belanja online tiap minggu mencapai 45,8%. Angka ini merupakan persentase terbesar di skala global.
2. Korea Selatan
Setelah Thailand, Korea Selatan menjadi negara peringkat kedua yang paling sering belanja online, dengan persentase pengguna internet pelanggan e-commerce sebanyak 43,1%.
3. Meksiko
Di peringkat ketiga ada Meksiko. Sebanyak 39,4% pengguna internet di negara tersebut rajin belanja kebutuhan mingguan secara online.
4. Turki
Di peringkat keempat ada Turki, dengan persentase pengguna internet yang rutin belanja online sebanyak 38,9%.
5. Indonesia
Sementara itu, Indonesia menempati peringkat kelima sebagai negara paling sering belanja online, dengan persentase pengguna internet pelanggan e-commerce sebanyak 36%.
Selain lima negara yang disebutkan di atas, Malaysia dan Taiwan juga termasuk dalam kelompok negara paling sering menggunakan e-commerce, dengan persentase pengguna internet yang rutin belanja online sebanyak 34,7%. Lalu diikuti oleh India 34,1%, Uni Emirat Arab 33,4%, dan Yunani 32,2%.
(Baca Juga: 5 Saluran Iklan Digital yang Paling Banyak Diakses Konsumen)