Survei KIC: Ajaib Jadi Platform Investasi Saham Favorit di Indonesia

Pasar
1
Reza Pahlevi 11/02/2022 19:10 WIB
3 Platform Investasi Saham Favorit, 2021
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan survei Katadata Insight Center, Ajaib menjadi platform investasi saham yang paling banyak digunakan di Indonesia. Ada 35,5% dari total responden yang mengaku menggunakan Ajaib untuk investasi sahamnya.

Jika dilihat dari kelompok umurnya, Gen Z menjadi pengguna utama Ajaib dengan 41% responden. Selanjutnya, Gen Y sebesar 34,1% dan Gen X & Boomers sebesar 31%.

Di posisi kedua ada IPOT dari Indo Premier Sekuritas dengan penggunaan 31,2%. Berbeda dari Ajaib, IPOT justru lebih banyak digunakan oleh Gen X & Boomers (41,4%). Selanjutnya, Gen Y sebesar 29,9% dan Gen Z sebesar 30,8%.

HOTS dari Mirae Sekuritas Indonesia berada di peringkat ketiga dengan penggunaan 10,6%. Gen X & Boomers paling banyak menggunakan HOTS (17,2%) lalu Gen Y (10,3%) dan Gen Z (9%).

Survei ini digelar oleh Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi, dan Sisi+ selama periode 6-12 September 2021.

Total responden dalam survei ini berjumlah 1.939 orang yang tersebar di 33 provinsi Indonesia. Survei kemudian dilakukan secara online menggunakan metode non-probability sampling, dengan margin of error di kisaran 2,23%.

Survei ini juga menanyakan mengenai platform yang digunakan untuk membeli obligasi dan forex. Laporan lengkap survei ini, yang meliputi keseluruhan pilihan responden serta analisis perilaku investasi generasi muda, dapat diunduh melalui https://katadata.co.id/platform-investasi.

 

(Baca: Apa Jenis Investasi yang Paling Banyak Diminati Masyarakat?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua