Apa Jenis Investasi yang Paling Banyak Diminati Masyarakat?

Keuangan Non Bank
1
Vika Azkiya Dihni 13/01/2022 14:30 WIB
Jenis Investasi yang Paling Diminati September 2021
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Investasi merupakan sebuah kegiatan menanam modal dalam jangka waktu cukup lama dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan. Menurut hasil survei Zigi.id bersama Katadata Insight Center (KIC), mayoritas atau 66,7% responden menilai penting untuk memiliki investasi.

Survei tersebut merinci jenis investasi yang paling banyak diminati responden. Hasilnya, emas menjadi pilihan investasi yang paling banyak diminati berdasarkan jawaban 58,5% responden.

Selain emas, masyarakat juga menjadikan tanah sebagai jenis investasi favorit. Sebanyak 56,7% responden memilih berinvestasi dalam bentuk tanah. Lalu, 41,7% responden berminat untuk berinvestasi dalam bentuk properti, seperti rumah/apartemen/ruko.

Selanjutnya, 31,3% responden berminat untuk investasi bisnis/usaha seperti online shop, usaha baju, dan lain-lain. Hewan ternak juga menjadi pilihan investasi yang diminati masyarakat dengan jawaban 17,6% responden.

Investasi pasar modal/saham juga mulai dilirik oleh masyarakat. Sebanyak 14,5% responden mengaku berminat untuk investasi di instrumen tersebut. Kemudian, investasi pada deposito bank diminati oleh 11,2% responden. Sementara Cryptocurrency seperti, bitcoin hanya diminati oleh 7,8% responden.

KIC melakukan survei terhadap 5.204 responden berusia >15 tahun yang mengakses internet di Indonesia. Survei dilaksanakan pada 6-12 September 2021 menggunakan metode online survei.

(Baca: Berinvestasi Uang Kripto Berisiko Tinggi, Ini Buktinya!)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua