Sumatera Selatan, Provinsi Sentra Duku Terbesar Nasional

Agroindustri
1
Monavia Ayu Rizaty 07/02/2022 10:20 WIB
10 Provinsi dengan Produksi Duku/Langsat/Kokosan Terbesar (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia memiliki kekayaan buah-buahan tropis, salah satunya adalah duku. Duku sangat bervariasi dalam sifat pohon dan buahnya.

Secara garis besar, ada dua kelompok besar buah ini, yakni yang dikenal sebagai duku dan yang dinamakan langsat. Kemudian, ada kelompok lain bernama kokosan.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), produksi duku di Tanah Air sebesar 289,6 ribu ton pada 2020. Jumlah ini mengalami peningkatan 7,52% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 269,3 ribu ton.

Dilihat dari daerah penghasilnya, Sumatera Selatan menjadi provinsi sentra duku nasional mencapai 53,4 ribu ton. Sumatera Selatan memang terkenal dengan produksi duku terutama karena rasanya yang lebih manis dan biji yang sedikit.

Daerah Komering (Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ilir) serta beberapa wilayah lain yang berdekatan di Sumatra Selatan merupakan produsen duku terbesar di Sumsel. Daerah produsen lain, di antaranya kawasan Kumpeh, Muaro Jambi, Jambi. Duku dari wilayah-wilayah ini dipasarkan ke berbagai daerah di Sumatra dan Jawa, bahkan diekspor.

Sulawesi Selatan menempati urutan kedua produsen duku terbesar dengan 38,9 ribu ton. Diikuti produksi duku dari Jambi (20,18 ribu ton), Sumatera Utara (16,7 ribu ton), dan Jawa Timur (16 ribu ton).

(Baca Selengkapnya: Sumatera Selatan Miliki Perkebunan Karet Terluas pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua