Inilah 10 Negara Tertua di Dunia

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 08/11/2021 11:10 WIB
10 Negara Tertua di Dunia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sebuah negara terbentuk melalui berbagai proses dan sejarah yang sangat panjang. Selama ribuan tahun terakhir, telah ada negara di berbagai belahan dunia yang muncul serta tenggelam. Beberapa negara disebut sebagai negara tertua di dunia. Klaim tersebut berdasarkan penemuan sisa-sisa peradaban di masa lampau.

Melansir dari oldest.org, inilah sepuluh negara tertua di dunia yang tercatat dalam sejarah.

  1. Mesir – 6000 SM

Menurut sejarah, Mesir merupakan negara tertua di dunia yang sudah memiliki peradaban kuno pada tahun 6000 SM. Pada periode tersebut, Mesir Hulu dan Hilir bersatu dan dipimpin oleh Raja Menes. Menes sebenarnya adalah kata Mesir untuk pendiri. Sejarawan percaya pendiri Mesir adalah penguasa bernama Narmer.

  1. India – 3300 SM

Penduduk sudah mulai bermukim di India pada 3300 SM. Periode tersebut dikenal sebagai Periode Weda. Sementara itu, India Modern baru didirikan pada 1947 setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris. 

  1. Afghanistan – 3000 SM

Afganistan telah ditempati pada awal 3000 SM. Kelompok manusia mendirikan kota pertama di dunia, yaitu Mundi Gak, di dekat Kandahar modern. Para arkeolog juga menemukan peradaban di Lembah Indus, sebuah wilayah di Afghanistan. 

  1. Tiongkok – 2070 SM

Tiongkok juga memiliki sejarah panjang sejak zaman Dinasti Xia di tahun 2070-1600 SM. Dinasti terakhir Tiongkok adalah Dinasti Qing yang harus berakhir pada 1912 sebelum berubah menjadi sistem republik.

  1. Georgia – 1500 SM

Georgia merupakan negara di Eropa Timur. Menurut sejarah, Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti/Iberia berada di negara ini. Sekitar tahun 1500 SM, kedua kerajaan ini berada di zaman perunggu. Kerajaan Colchis sering disebutkan dalam mitologi Yunani.

  1. Ethiopia – 980 SM

Ethiopia menjadi negara tertua di dunia karena pemerintahan pertama di negara ini dibentuk sekitar 980 sebelum Masehi. Sejarah negara ini telah dimulai sejak berdirinya kerajaan kuno D’mt pada masa 10-5 sebelum M di wilayah yang sekarang terletak di bagian utara wilayah teritorial Ethiopia.

  1. Yunani – 800 SM

Peradaban di Yunani telah berlangsung sejak 800 SM. Pada masa itu dikenal sebagai periode Archaic. Di masa itulah, orang-orang Yunani membuat banyak kemajuan di bidang seni, teknologi, dan penemuan konsep kota-negara serta demokrasi.

  1. Jepang – 660 SM

Jepang dipercaya sudah berdiri sejak 660 SM yang merujuk pada Kaisar Jimmu. Kaisar Jimmu dianggap populer dan legendaris karena diyakini sebagai keturunan Dewi Matahari Amaterasu dan tercatat sebagai kaisar pertama.

  1. Iran – 550 SM

Iran dulunya dikenal sebagai Persia yang berdiri sekitar tahun 550 SM. Jauh sebelum tahun berdirinya, peradaban Iran dimulai oleh beberapa kelompok, seperti kelompok Elam yang menetap di wilayah barat serta barat daya.

  1. San Marino – 301 M

San Marino menjadi disebut kota tertua di dunia. Negara ini resmi berdiri pada 3 September 301 M ketika Saint Marinus membangun sebuah gereja di Monte Titano. Gereja tersebut tumbuh di kota San Marino.

(Baca Selengkapnya: Daftar Perang Terpanjang dalam Sejarah, Hingga Lebih dari 700 Tahun)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua