IKLAN

Daftar Perang Terpanjang dalam Sejarah, Hingga Lebih dari 700 Tahun

Perang Terpanjang dalam Sejarah Dunia (Tahun)

Sumber : World Atlas,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

23/8/2021, 13.50 WIB

Peristiwa sejarah dunia memang menarik untuk dikisahkan dan dipelajari bagi peradaban dunia. Salah satunya peristiwa sejarah peperangan di berbagai belahan dunia dengan berbagai pemicu, seperti konflik kekuasaaan, ekonomi, politik, sosial, hingga agama. Bukan hanya mengakibatkan korban jiwa, tetapi juga peperangan terjadi berlarut-latut sampai ratusan tahun. 

Dilansir dari World Atlas, Reconquista merupakan perang terpanjang dalam sejarah dunia yakni 781 tahun. Reconquista adalah upaya penaklukan kembali Andalusia (Spanyol) oleh kaum Kristen Eropa.

Awal peristiwa Reconquista ditandai dengan pertempuran Covadonga sekitar tahun 720 Masehi hingga jatuhnya keamiran Islam Granada pada 1492 Masehi. Reconquista juga dikenal sebagai Perang Salib Iberia.

Perang Inggris-Prancis menjadi perang terlama kedua di dunia, yaitu 748 tahun. Perang ini adalah serangkaian bentrokan antara Inggris dan Prancis yang dimulai pada 1066. Konflik tersebut berakhir pada 1815 ketika Napoleon Bonaparte kalah.

Perang terlama ketiga di dunia adalah Perang Bizantium-Bulgaria yaitu 715 tahun. Ketika Kekaisaran Bulgaria pertama kali dibentuk pada 681 Masehi, saat itu juga terlibat konflik dengan Kekaisaran Bizantium hingga 715 tahun. Konflik terus berlanjut hingga 1396 ketika Bulgaria dikalahkan oleh Turki Ottoman.

(Baca Selengkapnya: 251 Warga Israel Tewas saat Berkonflik dengan Palestina)

 

IKLAN

data terkait