Survei Indikator: Anak Muda Paling Khawatir dengan Masalah Peningkatan Cuaca Ekstrem

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 28/10/2021 11:00 WIB
Permasalahan yang Paling Dikhwatirkan saat Ini dan Mendatang
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, mayoritas atau 21% anak muda di Indonesia paling mengkhawatirkan peningkatan cuaca ekstrem pada saat ini dan masa mendatang. Sebab, hal tersebut akan menimbulkan sejumlah bencana alam lainnya, seperti angin topan, banjir, atau kekeringan.

Sebanyak 20% responden paling khawatir dengan masalah kesehatan pada saat ini dan masa mendatang. Kemudian, 14% responden khawatir dengan penumpukan sampah dan bahan plastik.

Ada pula 14% responden yang paling khawatir dengan masalah penggundulan hutan. Sebanyak 9% responden paling khawatir kekurangan bahan pangan.

Responden yang paling khawatir dengan masalah habisnya sumber daya alam dan polusi udara masing-masing sebesar 7%. Sebanyak 4% responden paling khawatir dengan isu naiknya permukaan air laut.

Sebanyak 3% responden paling khawatir dengan masalah meningkatnya suhu di lingkungan sekitar. Sementara, 1% responden paling khawatir dengan masalah menurunnya keragaman hayati.

Indikator melakukan survei ini dengan metode stratified multistage random sampling terhadap 3.020 responden berusia 17 hingga 35 tahun sejak 9-16 September 2021. Response rate dari survei ini sebesar 3.623 orang atau 90,1% dari total responden.

(Baca Selengkapnya: Banjir Dominasi Bencana Alam Indonesia pada 2021)

Data Populer
Lihat Semua