Publik Makin Puas dengan Kinerja Ekonomi Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Kepuasan Publik terhadap Kinerja Bidang Ekonomi Pemerintahan Jokowi - Ma'ruf

Sumber : Litbang Kompas,

Disalin..

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Dimas Jarot Bayu

21/10/2021, 11.30 WIB

Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan, publik makin puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di bidang ekonomi dalam dua tahun pemerintahannya. Bahkan, tingkat kepuasan Jokowi-Ma'ruf di bidang tersebut meningkat dibandingkan enam bulan sebelumnya.

Berdasarkan hasil survei, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf di bidang ekonomi mencapai 58,7% pada Oktober 2021. Persentase itu naik dari enam bulan sebelumnya yang sebesar 57,8%.

Peningkatan tersebut menunjukkan pemulihan ekonomi saat pandemi virus corona Covid-19 sudah berada di jalurnya. Membaiknya kepuasan publik tersebut juga tak lepas dari pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07% (yoy) pada kuartal II-2021.

Walau demikian, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf perlu mewaspadai kepuasan publik di bidang lainnya, seperti politik dan keamanan, penegakan hukum, dan kesejahteraan sosial. Alih-alih meningkat, kepuasan publik di tiga bidang tersebut mengalami penurunan.

Adapun, Litbang Kompas melakukan survei terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia pada 26 September-9 Oktober 2021. Survei ini menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Litbang Kompas: Publik Cenderung Puas terhadap Kinerja Pemerintah Atasi Pandemi)

TOPIK

Politik

data terkait