Inilah Sekolah Termahal di Dunia, Berapa Biayanya?

10 Sekolah Termahal di Dunia (2021)

Sumber : Briefly, 2021

Disalin..

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Annissa Mutia

12/10/2021, 10.50 WIB

Pendidikan yang berkualitas akan berpengaruh terhadap perkembangan edukasi anak. Bahkan, banyak orang tua yang rela mengeluarkan banyak uang agar anaknya dapat bersekolah di tempat terbaik sekalipun dengan biaya yang mahal.

Dilansir dari Briefly, sekolah paling mahal di dunia kebanyakan berada di negara Swiss karena negara itu memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Hanya bangsawan dan orang terkaya yang mengirim anak-anak mereka ke sekolah dengan biaya yang fantastis, juga siswa dari keluarga kerajaan yang mendapatkan hak istimewa kerajaan. Berikut daftar 10 sekolah termahal di dunia.

1. Collège Alpin Beau Soleil, Villars-sur-Ollon, Swiss (US$ 129.328)

Menjadi urutan pertama sekolah termahal di dunia, Collège Alpin Beau Soleil ini merupakan sekolah asrama bergengsi yang didirikan pada tahun 1910. Perkiraan biaya tahunan di sekolah ini mencapai US$ 129.328 atau sekitar Rp 1,8 miliar dengn biaya seragamnya sekitar US$ 6.200. Sekolah ini memiliki kegiatan ekstra-kurikulum yang unik, seperti mengamati burung, menunggang kuda, seluncur es, yoga, dan tinju.

2. Institut Le Rosey, Rolle, Swiss (US$ 129.192)

Sekolah ini mempunyai rutinitas harian siswa yang mendapatkan sarapan prasmanan dan cokelat panas saat menjelang siang, bahkan siswa mengenakan pakaian formal saat makan malam. Enam hingga delapan siswa duduk di setiap meja dengan satu atau dua guru.

Setiap siswa memiliki tempat duduk yang ditentukan yang ditandai dengan serbet pribadi. Biaya tahunan di sekolah ini mencapai US$ 129.192

3. Aiglon College, Villars-sur-Ollon, Swiss (US$ 120.463)

Sekolah ini terletak di Pegunungan Alpen Swiss. Di sekolah ini, siswa harus berpartisipasi dalam ekspedisi setiap semester dan menikmati kegiatan menyenangkan, seperti panjat tebing, berkemah, hiking, mendaki gunung, dan kayak. Biaya yang dikeluarkan jika bersekolah disini sekitar US$ 120.563 per tahun.

4. St George's International School, Montreux Suisse, Swiss (US$ 108.646)

Lorna Southwell dan Osyth Potts, lulusan bahasa Inggris dari Universitas Oxford, mendirikan sekolah ini pada tahun 1927. Lembaga pembelajaran premium global terkemuka ini memiliki lebih dari 64 cabang di Eropa, Asia-Pasifik, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin. 

Lembaga ini mengikuti kurikulum Inggris dan memiliki komunitas siswa yang beragam dan menginspirasi dari lebih dari 60 negara. Biaya tahunan di sekolah ini mencapai US$ 108.646.

5. Leysin American School, Leysin, Swiss (US$ 103.254)

Sekolah internasional Leysin didirikan tahun 1960 terletak di Pegunungan Alpen Swiss. Sekitar 12% siswa Leysin American School adalah orang Amerika 

Sekolah ini dikemas dengan fasilitas layaknya miliarder, seperti klub ski, ballroom besar dan pusat seni. Biaya sekolah mencapai US$ 103.254 per tahun.

6. Hurtwood House School, Surrey, Inggris (US$ 103.005)

Hurtwood House terletak di sebuah rumah Edwardian di atas tanah seluas 200 hektar. Fasilitas ini mengikuti sistem sekolah asrama tradisional, didorong oleh rasa hormat terhadap keunggulan akademik, dan semangat untuk kreativitas.

Ketenarannya terus berkembang secara global sejak didirikan pada tahun 1970, dan merupakan salah satu sekolah termahal di Inggris. Siswa membayar US$ 103.005 per tahun.

7. Collège du Léman, Versoix, Swiss (US$ 96.475)

Sekolah ini terletak di antara Pegunungan Jura dan Lac Léman di Versoix, Jenewa Swiss. Di sekolah ini siswa belajar berlayar dalam tim di danau terdekat dan berolahraga di gimnasium seluas 5.000 meter persegi. Biaya tahunan di sekolah ini mencapai US$ 96.475.

8. Brillantmont International School, Lausanne, Switss (US$ 89.695)

Brillantmont International School didirikan pada tahun 1882. Di sekolah ini siswa menjelajahi Swiss dan negara-negara Eropa lainnya selama kunjungan akhir pekan. Biaya tahunan di sekolah ini mencapai US$ 89.695.

9. Think Global School (US$ 87.870)

Think Global School adalah lembaga nirlaba, pendidikan bersama, dan non-denominasi di mana siswa belajar di dua belas negara selama tiga tahun. Lembaga generasi berikutnya yang berusia enam tahun ini adalah sekolah menengah keliling pertama di dunia.

Setiap guru ditugaskan tiga siswa, dan peserta didik belajar mata pelajaran di lapangan. Mereka melakukan perjalanan ke empat negara berbeda setiap tahun dan membayar sekitar US$ 87.870 per tahun.

10. The American school, Ticino, Swiss (US$ 87.295)

Lembaga ini terletak di Dollina d'Oro di pegunungan Swiss. Pegunungan yang tertutup salju, pohon palem, dan Danau Lugano menjadikan lingkungannya sempurna untuk belajar dan hiburan.

Festival Seni Musim Semi tahunannya menarik para musisi dan turis di seluruh dunia karena ini adalah institusi Seni Rupa terbaik secara global. M.Crist Fleming mendirikannya pada tahun 1956 di Montagnola, Ticino, Swiss, dan biaya tahunan di sana sekitar US$ 87.295.

(baca : Inilah Daftar Universitas Termahal di Dunia Tahun Ajaran 2021-2022)

data terkait