Industri Kosmetik Tumbuh 5,59 Persen, Ini Merek Perawatan Tubuh Terlaris pada Agustus 2021

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 05/10/2021 10:50 WIB
10 Merek Produk Perawatan Tubuh Terlaris di Indonesia Menurut Pangsa Pasar (Shopee & Tokopedia) (Agustus 2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Masa pandemi mengharuskan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga tren merawat kesehatan dan kecantikan kulit semakin meningkat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal I-2020 pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional termasuk kosmetik tumbuh 5,59%. Pertumbuhan pasar kosmetik di Indonesia juga diproyeksikan naik 7% pada 2021.

Menurut hasil riset Compas pada 1-15 Agustus lalu, ada beberapa merek produk perawatan tubuh yang paling banyak diburu konsumen. Berikut ini daftar 10 merek produk perawatan tubuh terlaris.

  1. Scarlett (18,9%)

Merek yang baru dirilis pada 2018 lalu ini sudah mampu memimpin pasar produk perawatan tubuh periode 1-15 Agustus 2021 di Shopee dan Tokopedia. Pangsa pasar yang diraih pun jauh lebih tinggi dari merek lain, yaitu 18.9%.

  1. Vitaline (5%)

Vitaline merupakan merek yang menyediakan perawatan tubuh berupa suplemen herbal dan diklaim dapat mencerahkan kulit. Penjualannya di Shopee dan Tokopedia cukup tinggi pada periode 1-15 Agustus hingga meraih pangsa pasar 5%.

  1. Nivea (2,8%)

Produk perawatan tubuh asal Jerman ini berada di peringkat ketiga kategori perawatan tubuh terlaris Shopee dan Tokopedia dengan pangsa pasar 2.8%. Salah satu produk legendaris dari Nivea adalah Nivea Crème.

  1. HB Whitening (2,6%)

Merek ini merupakan salah satu produk krim lokal yang berfungsi untuk memutihkan kulit. Di Shopee dan Tokopedia kategori perawatan tubuh, HB Whitening memiliki pangsa pasar sebesar 2.6%.

  1. SRI2 (2,4%)

Merek asal Jawa Barat ini menyediakan produk perawatan wajah dan tubuh ke seluruh Indonesia melalui platform e-commerce. Di Shopee dan Tokopedia, penjualannya mencapai 2.4% pangsa pasar.

  1. Dosting (2,2%)

Dosting berada di posisi selanjutnya dengan pangsa pasar sebesar 2,2%. Produk perawatan tubuh Dosting antara lain Night and Day Whitening Cream, Premium Natural Glow Soap, Body Toner, serta Day and Night Body Lotion.

  1. Kedas Beauty (2,2%)

Perawatan tubuh merek lokal ini memprosukdi produk pencerah kulit. Sama dengan merek Dosting, pangsa pasar merek ini pada 1-15 Agustus sebesar 2,2%. Produk Kedas Beauty yang terpopuler adalah Sabun Kedas Beauty.

  1. Bierlian (2,2%)

Masih sama dengan merek sebelumnya, Bierlian memiliki pangsa pasar 2,2%. Selain menjual perawatan tubuh dan wajah, Bierlian juga menjual perawatan tubuh pria dan paket kecantikan.

  1. MS Glow (2%)

MS Glow menjadi salah satu merek produk kecantikan terpopuler di Indonesia pada saat ini. MS Glow juga memiliki klinik yang tersebar di kota-kota Indonesia. Pangsa pasar MS Glow kategori perawatan tubuh berada di posisi 9, yaitu sebesar 2%.

  1. Vaseline (2%)

Merek perawatan tubuh asal Amerika yang juga legendaris ini memiliki pangsa pasar sebesar 2%. Vaseline terkenal dengan produk Petroleum Jelly yang berfungsi untuk melembabkan bagian tubuh yang sangat kering.

(Baca Selengkapnya: Pertumbuhan Pasar Kosmetik Global Terkontraksi 8% pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.