Global FirePower: Indonesia Miliki 1,08 juta Personil Militer pada 2021

Ekonomi & Makro
Penulis
Viva Budy Kusnandar 05/10/2021 14:20 WIB
Personil Militer Indonesia Menurut Global Fire Power (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kekuatan militer Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Lembaga peringkat militer Global FirePower memperkirakan Indonesia memiliki 1,08 personil militer pada 2021.

Rinciannya, Indonesia mempunyai sebanyak 400 ribu personil militer aktif. Jumlah itu mendaratkan Indonesia sebagai negara yang memiliki personal militer aktif peringkat 13 terbanyak di dunia. Sementara, tiga teratas negara-negara yang memiliki personil militer aktif terbanyak, yaitu Tiongkok dengan 2,19 juta personil, India dengan 1,45 juta personil, dan Amerika Serikat dengan 1,4 juta personil.

Menurut Global FirePower, jumlah personil militer cadangan Indonesia berada di posisi 15 terbesar dunia dengan jumlah 400 ribu personil militer cadangan. Negara dengan personil militer cadangan terbesar, yaitu Korea Utara dengan jumlah 3,1 juta personil dan Rusia dengan 2 juta personil.  

Selain itu, jumlah paramiliter (kelompok semi militer yang dapat memperkuat kemampuan tempur suatu negara dalam peperangan) Indonesia berada di urutan ke-13 terbanyak di dunia dengan jumlah 280 ribu personel. Negara dengan jumlah paramiliter terbesar, yaitu Banglades mencapai 6,8 juta personil dan Korea Utara dengan 6 juta personil.

Kekuatan militer Indonesia berada di peringkat 9 dunia dari 45 negara yang disurvei dengan perolehan skor PowerIndex (PwrIndx) 0,2684. Posisi Indonesia berada di bawah Iran yang mempunyai skor PwrIndx sebesar 0,2511 dan berada di atas Arab Saudi yang memiliki skor PwrIndx 0,3231. Semakin kecil nilai PwrIndx maka semakin tinggi peringat militer suatu negara.

(Baca: Global FirePower: Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 1 di ASEAN pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.