KIC: 86,6% Masyarakat Sarankan Keluarga Ikut Vaksinasi Covid-19

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 29/09/2021 16:00 WIB
Keaktifan Masyarakat Menyarankan Keluarga & Teman Ikut Vaksinasi Covid-19
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kampanye terkait vaksinasi virus corona Covid-19 tak hanya datang dari pemerintah, tapi juga masyarakat Indonesia. Ini tergambar dari hasil survei Katadata Insight Center (KIC) bersama Change.org dan Kawal Covid-19 yang menunjukkan bahwa 86,6% responden menyarankan keluarga dan kerabatnya mengikuti vaksinasi corona.

Secara rinci, ada 44% responden yang hampir setiap hari menyarankan keluarga dan kerabatnya ikut vaksinasi corona. Sebanyak 42,6% responden mengatakan hanya sesekali menyarankan vaksinasi corona. Sementara, hanya 13% responden yang tak pernah menyarankan program tersebut.

Ada sejumlah alasan mengapa masyarakat ikut menyarankan keluarga dan kerabat mereka ikut vaksinasi corona. Mayoritas atau 78,7% responden ingin orang-orang terdekat mereka terproteksi dari virus mematikan tersebut.

Sebanyak 70,1% responden menyarankan vaksinasi corona agar bisa beraktivitas kembali seperti normal. Sebanyak 37,5% responden menyarankan vaksinasi corona karena orang terdekat mereka merupakan lansia.

Kemudian, ada 34,6% responden yang menyarankan vaksinasi corona karena orang terdekat mereka masih harus bekerja dari kantor setiap hari. Sebanyak 18,6% responden melakukannya karena perlu bukti untuk perjalanan.

Sebanyak 4,1% responden menyarankan vaksinasi corona karena mendapatkan jatah dari perusahaannya. Sementara, 2% responden menyarankan vaksinasi corona kepada keluarga dan kerabat karena alasan lainnya.

Adapun, survei ini dilakukan secara daring terhadap 8.299 responden pada 6-22 Agustus 2021. Dari jumlah itu, ada 7.188 responden yang menyarankan keluarga dan kerabat mereka ikut vaksinasi corona.

(Baca: Jadi Hak Warga Negara, Alasan Utama Penolakan Vaksin Covid-19 Berbayar)

Data Populer
Lihat Semua