Penetrasi Internet 4G Indonesia Peringkat Keempat Tertinggi di Asia Tenggara

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 31/07/2021 10:00 WIB
Tingkat Penetrasi Internet 4G di Negara-Negara Asia Tenggara
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Bank Dunia menunjukkan, penetrasi internet 4G di Indonesia berada di urutan keempat di Asia Tenggara pada 2020. Persentasenya mencapai 54%.

Sementara itu, Singapura menduduki peringkat teratas dengan tingkat penetrasi internet 4G sebesar 132%. Malaysia dan Thailand menduduki posisi selanjutnya dengan tingkat penetrasi masing-masing sebesar 102% dan 88%.

Vietnam menyusul Indonesia dengan tingkat penetrasi sebesar 36%. Kemudian, Brunei Darussalam dan Filipina memiliki tingkat penetrasi masing-masing sebesar 33% dan 32%.

Kamboja, Laos, dan Myanmar berada di posisi berikutnya dengan tingkat penetrasi masing-masing sebesar 28%, 21%, dan 19%. Sedangkan, Timor Leste memiliki tingkat penetrasi terendah yakni sebesar 7%.

Menurut laporan Bank Dunia, jaringan akses internet untuk mobile broadband di Indonesia telah berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir. Hal ini terjadi berkat dorongan investasi dari para operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri dan SmartFren yang terus mengembangkan akses jaringan internet lebih luas, di seluruh pelosok negeri khususnya jaringan internet 4G.

(Baca: Negara-Negara Ini Punya Jaringan Internet Mobile Tercepat di Dunia, Bagaimana Indonesia?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua