Apotek Penyedia Stok Obat Covid-19 Paling Banyak di Jawa Barat

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 14/07/2021 08:32 WIB
Penyebaran Apotik di Lima Provinsi, Selasa (13/Jul)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Jawa Barat mencatatkan jumlah apotek terbanyak yang melayani penjualan obat untuk menekan virus covid-19. Data yang dirilis Kementerian Kesehatan per 13 Juli kemarin, provinsi ini mencatatkan 723 jumlah apotek.

Saat ini, apotek yang terdaftar di Kemenkes dan melaporkan ketersediaan stok secara harian adalah Kimia Farma. Di provinsi ini, Ketersediaan stok obat untuk covid-19 sebanyak 220 ribu obat. Rincian obat yang tersedia yakni Azithromycin 49,9 ribu obat, Favipiravir 67 ribu obat, Ivermectin 100 ribu obat, dan Oseltamivir 2892 ribu obat.

Obat-obat ini merupakan jenis obat yang membutuhkan resep dokter dan keberadaanya saat ini paling banyak dicari oleh penderita covid-19. Beberapa pasien sejak penambahan kasus di Indonesia naik signifikan, obat-obat tersebut mulai sulit dicari dan harganya melambung tinggi.

Untuk mengantisipasi kekhawatiran, Kementerian Kesehatan merilis daftar apotek berikut alamat, nomor telepon dan stok obat tersebut yang diperbarui secara harian. Diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendapatkan obat dan melihat persebaran apotek tersebut secara nasional.

Hingga kemarin, provinsi lain yang memiliki ketersediaan stok obat cukup tinggi dari urutan teratas adalah Jawa Tengah, Riau dan Kalimantan Timur. Masing-masing mencatatkan jumlah apotek sebanyak 322, 207 dan 200. Sedangkan Jakarta berada di urutan ke lima dengan 188 apotek.

Data Populer
Lihat Semua