Kasus Covid-19 RI Bertambah 177 Ribu dalam Sepekan, Tertinggi Kedua Asia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 06/07/2021 11:30 WIB
Pertambahan Kasus Covid-19 di Asia dalam 7 Hari
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan data Worldometer, kasus virus corona Covid-19 di Indonesia bertambah 177.831 orang pada 29 Juni - 5 Juli 2021. Jumlah itu naik 35% dibandingkan sepekan sebelumnya yang sebanyak 133.553 orang.

Hal tersebut pun menempatkan pertambahan kasus corona secara mingguan di Indonesia menjadi yang terbesar kedua di Asia. Posisi Indonesia hanya di bawah India yang kasus coronanya bertambah 302.939 orang dalam sepekan terakhir.

Peningkatan kasus corona di Indonesia terjadi usai libur Lebaran. Hal tersebut pun menyebabkan tingkat keterisian rumah sakit untuk penanganan corona naik signifikan.

Selain itu, permintaan oksigen medis mengalami lonjakan dalam beberapa waktu terakhir. Pemerintah lantas mengalihkan oksigen industri untuk kebutuhan medis.

Menurut Kementerian Perindustrian, konversi produksi oksigen untuk kepentingan medis akan menyumbang 1.700 ton per hari secara nasional. Sebanyak 1.400 ton di antaranya bakal dialokasikan untuk Jawa.

(Baca: Cetak Rekor Lagi, Penambahan Kasus Covid-19 Indonesia Tertinggi Kedua di Dunia)

Guna mencegah penularan corona, masyarakat diimbau untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Masyarakat pun diharapkan menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Data Populer
Lihat Semua