Mayoritas Masyarakat Indonesia Akses Berita Lewat Ponsel

Teknologi & Telekomunikasi
1
Yosepha Pusparisa 29/06/2021 10:30 WIB
Perangkat untuk Mengakses Berita di Indonesia (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Reuters Institute melalukan sebuah survei tentang konsumsi berita digital di berbagai negara termasuk Indonesia. Hasilnya menunjukkan mayoritas masyarakat Indonesia memanfaatkan ponsel pintar (smartphone) untuk mengakses berita.

Sebanyak 85% responden memanfaatkan ponsel pintar dalam mengakses berita, 37% menggunakan komputer, dan 10% menggunakan tablet. 

Secara umum, hasil survei menunjukkan rata-rata tingkat kepercayaan masyarakat terhadap berita tergolong rendah. Berdasarkan respon, hanya 39% masyarakat yang percaya terhadap pemberitaan di media.

Sementara itu, media yang paling dipercaya oleh masyarakat sebagai sumber berita adalah CNN. Sebanyak 69% responden mengaku percaya dengan pemberitaan dari media tersebut.

Selain itu, survei juga menunjukkan penyebaran berita paling banyak melalui media dalam jaringan (daring), termasuk di dalamnya sosial media. Sebanyak 89% juga lebih memilih mendapatkan berita melalui media daring (termasuk sosial media). Sementara responden yang mendapat berita di televisi sebesar 58% dan media cetak 20%.

(Baca: Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses Berita dari Media Daring)

Reuters Institute untuk Studi Jurnalisme bekerja sama dengan YouGov (dan mitra) menyebar kuesioner pada akhir Januari hingga awal Februari 2021. Pihak penyelenggara mengambil 2.007 sampel dari Indonesia.  

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua