Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses Berita dari Media Daring

Teknologi & Telekomunikasi
1
Yosepha Pusparisa 28/06/2021 17:50 WIB
Sumber Berita Masyarakat (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Reuters Institute menunjukkan mayoritas masyarakat Indonesia memanfaatkan sejumlah media dalam mengonsumsi berita. Lebih dari setengah atau 89% responden memanfaatkan media dalam jaringan (daring) yang didominasi media sosial untuk mendapatkan informasi terkini.

Selanjutnya, sebanyak 58% responden mengatakan menonton Televisi untuk memperbarui berita. Media cetak bertengger di posisi terakhir dengan hanya 20% responden yang menjadikannya rujukan berita.

Sementara itu, sejumlah perusahaan media memiliki tingkat kepercayaan yang berbeda-beda berdasarkan penilaian responden. CNN didapuk sebagai media dengan tingkat kepercayaan tertinggi hingga 69%, diikuti Kompas (67%), TVRI (66%), dan Detik.com (64%). Meski demikian, tingkat kepercayaan masyarakat pada berita tergolong rendah (39%).

Masyarakat memanfaatkan beragam perangkat untuk mengakses berita. Perangkat yang paling banyak digunakan adalah ponsel pintar (85%), disusul komputer (37%), serta tablet (10%).

Reuters Institute untuk Studi Jurnalisme bekerja sama dengan YouGov (dan mitra) menyebar kuesioner pada akhir Januari hingga awal Februari 2021. Pihak penyelenggara mengambil 2.007 sampel dari Indonesia.  

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua