71% Masyarakat RI Anggap Israel Bersalah dalam Konflik dengan Palestina

Demografi
1
Dwi Hadya Jayani 06/06/2021 09:00 WIB
Pandangan Mengenai Pihak yang Bersalah dalam Konflik Israel-Palestina
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, mayoritas atau 88% masyarakat Indonesia mengetahui konflik Israel dan Palestina. Dari jumlah tersebut, 71% responden beranggapan bahwa Israel merupakan pihak yang bersalah dalam konflik dengan Palestina.

Responden yang menyalahkan Palestina tercatat sebanyak 3%. Sebanyak 5% responden yang mengetahui konflik Israel-Palestina menyalahhkan kedua belah pihak. Sedangkan, 21% responden lainnya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurut Direktur Komunikasi SMRC Ade Armando, data tersebut menunjukkan bahwa mayoritas persepsi publik sudah sesuai dengan sikap politik negara dalam sengketa Israel-Palestina. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya memastikan bahwa Indonesia akan terus berpihak kepada rakyat Palestina.

Dia pun mengecam keras tindakan kekerasan yang dilakukan pasukan Israel terhada warga sipil Palestina. Selain itu, Jokowi mendesak Dewan Keamanan PBB segera mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan Israel.

(Baca: Sebanyak 21,8% Korban Jiwa di Palestina adalah Anak-anak)

Adapun, SMRC melakukan survei melalui telepon terhadap 1.201 responden pada 25-28 Mei 2021. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini sekitar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Data Populer
Lihat Semua