Masyarakat Paling Banyak Enggan Gunakan Vaksin Karena Takut Risiko Kesehatan

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dimas Jarot Bayu 10/11/2020 12:55 WIB
Alasan Masyarakat Indonesia Enggan Gunakan Vaksin Corona
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Populi Center menunjukkan 40% masyarakat Indonesia tidak bersedia menggunakan vaksin dari pemerintah untuk menangkal virus corona Covid-19. Dari jumlah tersebut, 46,5% responden beralasan takut akan risiko kesehatan dari penggunaan vaksin.

Sebanyak 15,2% responden enggan menggunakan vaksin karena tidak percaya bisa menyembuhkan corona. Ada 13,3% responden enggan menggunakan vaksin karena tidak dapat memastikan kehalalannya.

Ada 9,3% responden yang tak mau menggunakan vaksin karena alasan lainnya. Sebanyak 15,6% responden menyatakan tidak tahu/tidak jawab ketika menyatakan enggan menggunakan vaksin.

Survei Populi Center dilakukan terhadap 1.000 responden sejak 21-30 Oktober 2020. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun, tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini sebesar 3.10% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan gerakan 3M (Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak) untuk memutus penularan virus corona. 

(Baca: 54% Pekerja Indonesia Terdampak Pandemi Corona)

Data Populer
Lihat Semua