84 Persen Masyarakat Asia Tenggara Patuh Pakai Masker di Area Publik

Tingkat Kepatuhan Memakai Masker di Tempat Umum di Asia Tenggara (Per September - Oktober 2020)

Sumber : YouGov,

Disalin..

Penulis: Melati Kristina Andriarsi

Editor: Arie Mega Prastiwi

31/10/2020, 13.19 WIB

Rata-rata tingkat kepatuhan masyarakat Asia Tenggara dalam memakai masker di tempat publik selama pandemi mencapai 84 persen. Berdasarkan data YouGov pada September hingga Oktober 2020, negara paling patuh dalam memakai masker adalah Malaysia dengan persentase sebesar 90 persen. Sementara di posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Singapura dan Filipina dengan persentase masing-masing 89 persen dan 87 persen.

Di Indonesia, kepatuhan memakai masker mencapai 85 persen yang mana berada di peringkat ke empat dari enam negara lainnya. Adapun tingkat memakai masker di Thailand dan Vietnam masing-masing sebesar 78 persen dan 75 persen. Memakai masker merupakan protokol kesehatan yang wajib diterapkan sebab dapat menurunkan risiko penularan Covid-19 hingga 75 persen.

Selain memakai masker, protokol kesehatan 3M lainnya seperti mencuci tangan dan menjaga jarak juga harus diterapkan guna memutus rantai penularan Covid-19. 

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.