Frekuensi Belanja Mayoritas Masyarakat Kelas Menengah Tak Berubah saat Pandemi

Ekonomi & Makro
1
Yosepha Pusparisa 23/10/2020 15:30 WIB
Intensitas Belanja Kebutuhan Keluarga Kala Pandemi (Berdasar Kategori Daya Listrik Rumah)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pandemi Covid-19 telah memukul seluruh lapisan masyarakat dari beragam status sosial ekonomi. Akibatnya keluarga dengan status sosial ekonomi bawah cenderung mengurangi frekuensi belanja kebutuhan sehari-harinya. Kondisi tersebut menunjukkan kelompok kelas bawah yang paling merasakan krisis ekonomi.

Frekuensi pemenuhan terhadap belanja kebutuhan keluarga berbanding lurus dengan status sosial ekonomi responden. Secara keseluruhan, 53,8% responden semakin jarang berbelanja kebutuhan keluarga. Situasi itu didorong 57,7% responden kelompok sosial ekonomi bawah yang juga bertahan dengan mengurangi belanja sehari-hari.

(Baca: Ragam Alternatif Sumber Dana Kala Krisis Finansial)

Sementara itu, kelompok kelas menengah cenderung masih bisa bertahan. Sebab 48,3% responden mendominasi dengan frekuensi belanja kebutuhan keluarga yang tak berubah. Berkebalikan dengan kelompok kelas bawah, kelompok kelas atas cenderung semakin sering berbelanja untuk kebutuhan keluarga. Kondisi tersebut diakui 45% responden.

Data Populer
Lihat Semua