Mayoritas Masyarakat Tahu Pemerintah Mengembangkan Vaksin Merah Putih

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 19/10/2020 11:30 WIB
Pengetahuan Masyarakat tentang Upaya Pemerintah
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemerintah melakukan beragam upaya untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di Indonesia. Mulai dari menciptakan vaksin hingga membuat beragam inovasi alat kesehatan. Namun dalam survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), tak seluruh responden mengetahui upaya pemerintah tersebut.

Masyarakat paling banyak mengetahui mengenai pembuatan dan perkembangan vaksin Merah Putih yang tengah digarap pemerintah. Setidaknya 59,7% responden menyadari upaya pemerintah dalam pengembangan vaksin tersebut. Selain itu, 53,1% responden mengerti bahwa Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) bekerja sama dengan sejumlah universitas menciptakan ventilator lokal.

(Baca: 160 Juta Orang Masuk Daftar Prioritas Penerima Vaksin, Siapa Saja?)

Sementara itu, masyarakat paling minim mengetahui tentang GeNose yang dibuat Kemenristek dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Hanya 45% yang menyadari perkembangan alat mesin berbasis kecerdasan buatan (AI) itu guna mendeteksi Covid-19.

KedaiKOPI melakukan survei terhadap 803 responden yang berlatar belakang pekerja/karyawan kantor DKI Jakarta. Survei itu membahas tentang Opini Publik Penanganan Covid-19 oleh Pemerintah yang berlangsung pada 8-10 Oktober 2020 lalu.

Pemerintah mengimbau masyarakat disiplin mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak untuk menghindari penularan virus corona.

Data Populer
Lihat Semua