Konsumen Beralih Beli Produk Non-Makanan di E-Commerce saat Pandemi Covid-19

Pembelian Produk Non-Makanan Sebelum & Setelah Pandemi Covid-19

Sumber : Bank DBS Indonesia, PT, 22 September 2020

Disalin..

Penulis: Andrea Lidwina

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

8/10/2020, 07.00 WIB

Sebanyak 73% responden membeli produk non-makanan, seperti pakaian, sepatu, kecantikan, furnitur, dan barang elektronik, di toko fisiknya sebelum pandemi Covid-19. Namun, sebagian besar dari proporsi tersebut mengubah kebiasaannya pasca penyebaran virus meluas.

Semakin banyak responden yang membeli produk non-makanan di e-commerce, yakni dari 24% menjadi 66%. Mereka juga lebih sering berbelanja di situs perusahaan (6%) dan media sosial (3%). Minat terhadap bisnis lokal pun meningkat.

(Baca: Masyarakat Lebih Sering Memasak di Rumah sejak Pandemi Covid-19)

Survei yang dilakukan Bank DBS ini melibatkan 545 responden di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Survei dilakukan secara daring pada 18 Juni – 3 Juli 2020.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.