UMKM Bali & NTB Terbanyak Beralih ke Platform Digital

Penetrasi Kanal Daring & Luring di Indonesia

Sumber : Mandiri Institute, 24 September 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

25/9/2020, 12.00 WIB

Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dituntut untuk mencari alternatif bertahan di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan memanfaatkan kanal dalam jaringan (daring).

Berdasarkan survei UMKM Mandiri Institute, penetrasi online paling banyak dilakukan di daerah Bali dan Nusa Tenggara Barat. Sebanyak 85% responden telah memanfaatkan kanal daring, sementara sisanya masih dilakukan luar jaringan atau offline.

(Baca: 5 Jenis Bantuan yang Dibutuhkan UMKM Selama Pandemi)

Mandiri Institute melakukan survei UMKM terhadap 320 responden. Mereka tersebar di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, serta Bali dan Nusa Tenggara. UMKM tersebut bergerak di sejumlah lini, seperti akomodasi, perdagangan, konstruksi, dan restoran.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.