5 Jenis Bantuan yang Dibutuhkan UMKM Selama Pandemi

Bantuan yang Dibutuhkan UMKM*

Sumber : Wahana Visi Indonesia, 2 Juli 2020

Disalin..

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

24/9/2020, 07.30 WIB

Riset Wahana Visi Indonesia (WVI) 2020 menyebut bahwa para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi corona membutuhkan sejumlah bantuan dari pihak luar, misalnya pemerintah, pihak swasta, organisasi non-profit, dan sebagainya. Salah satu bantuan yang paling dibutuhkan mereka yakni bantuan modal (44%).

Selanjutnya, para pelaku usaha kecil itu juga berharap ada bantuan berupa dukungan pemasaran (16%) terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan. Lalu, mereka juga menginginkan bantuan akses ke sumber produksi (9%) serta dukungan pada peningkatan pengetahuan/keterampilan usaha mereka (5%).

WVI melakukan survei terhadap 900 rumah tangga dan 943 anak yang tersebar di sembilan provinsi di Indonesia. Responden berasal dari lapisan masyarakat pedesaan (88,1%), semi perkotaan (4,1%), dan perkotaan (7,8%). Pengambilan data berlangsung pada 12-18 Mei 2020.

 

 

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.