Tiga Strategi Perusahaan Hadapi Pandemi Corona

Adaptasi Dunia Usaha di Masa Pandemi

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 15 September 2020

Disalin..

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Aria W. Yudhistira

16/9/2020, 07.50 WIB

Perusahaan di dalam negeri melakukan sejumlah adaptasi untuk meminimalisasi dampak pandemi virus corona Covid-19. Hasil survei Badan Pusat Statistik menunjukkan, adaptasi yang paling banyak dilakukan perusahaan dengan melakukan pemasaran produk secara daring. Secara rinci, ada 83% usaha mikro kecil (UMK) dan 79% usaha menengah besar (UMB) yang melakukan pemasaran daring selama pandemi corona.

(Baca: Siasat Kopi Kulo Berkolaborasi untuk Dongkrak Penjualan saat Pandemi)

Sebanyak 16% UMK dan 11% UMB melakukan diversifikasi usaha untuk mengatasi dampak corona. Sedangkan, 30% UMK dan 47% UMB yang melakukan pengurangan jam kerja agar bisa bertahan hidup di masa pagebluk.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.