Generasi Muda Australia Lebih Percaya Jokowi daripada Trump

Keyakinan Terhadap Pemimpin Politik (Responden Usia 18-29 Tahun)

Sumber : The Interpreter (Lowy Institute), 3 Agustus 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Aria W. Yudhistira

11/8/2020, 07.00 WIB

Dalam jajak pendapat yang dilakukan Lowy Institute, anak muda Australia berusia 18-29 tahun cenderung memilih pemimpin dari negara lain untuk mengurus persoalan dunia. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menjadi tokoh yang mendapat kepercayaan terbesar. Setidaknya 51% responden menilai sangat yakin bahwa Jacinda Ardern dapat mengurus persoalan dunia.

Sederet nama pemimpin dari negara Asia juga mencuat, seperti Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Perdana Menteri India Narendra Modi. Selain mereka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Indonesia juga termasuk tokoh yang cukup diyakini anak muda Australia. Sebanyak 32% mengaku yakin dan 2% sangat yakin Jokowi dapat mengurus persoalan dunia.

(Baca: Survei Indikator: Mayoritas Masyarakat Setuju Jokowi Rombak Kabinet)

Anak muda Australia bahkan lebih memilih para pemimpin negara Asia, ketimbang Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Hanya 16% responden yang mengaku yakin ia dapat mengendalikan persoalan dunia. Angka tersebut lebih rendah dari keyakinan terhadap Presiden Tiongkok Xi Jinping yang mencapai 28%.

TOPIK

Politik

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.